Just another WordPress.com site

Resep Cookies


Sebenernya sih saya itu gak bisa nulis tapi yang namanya tak kenal kan maka tak sayang

ini resep pesenan temen sih, karena udah nyoba enaknya kue lebaran yang gampang dibuat ini ūüėÄ .. padahal buat kue aja juga baru pertama kali nih¬†dapet resep juga dari mbah google. langsung saja, check this out

 Bahan :

100 gram mentega tawar dingin        2 kuning telur

50 gram margarin                              1 sendok makan krim kental/susu kental manis (sesuai selera)

seperempat sendok teh garam          200 gram tepung terigu sedang

100 gram gula tepung                       25 gram tepung maizena

1/2 sendok teh baking powder          150 gram choco chips

 

Cara :

  1. Kocok mentega tawar, margarin, garam, dan gula tepung. tambahkan kuning telur satu per satu dan krim kental sambil diaduk rata
  2. Masukkan tepung terigu, tepung maizena, dan baking powder sambil diaduk rata. Tambahkan choco chips. Aduk rata
  3. Sendokkan adonan di loyang yang sudah diolesi margarin. Atau juga bisa dicetak pake sendok scoopnya ice cream kayak farah quinn gitu hehe. Jangan lupa dipanasin ovennya yang pake oven kompor kayak saya.
  4. Oven 15 menit dengan suhu seratus enam puluh derajat celcius atau sampai matang kalau pake oven kompor.

 

Satu resep nih jadi 2 toples kue..

cookies ala tyas

Iklan

Rangkuman UTS


22 Februari 2012

  • Kualitas adalah kesesuaian antara keinginan dengan product spesification.
  • Karakteristik kualitas :
  1. Atribut : karakter produk yang tidak bisa diukur secara obyektif
  2. Variabel : karakter produk yang dapat diukur secara pasti
  3. Defect -> non conforming unit
  4. Standard of specification
  • Aspect of quality :
  1. Quality of performance
  2. Quality of conformance
  3. Quality of design
  • Benefit of quality :
  1. Improving good and services quality
  2. Continuous improvement
  3. Productivity improvement
  4. Lower cost production
  5. Improving customer’s satisfaction
  • Quality control cyle

  • Importance of quality
  1. Cost and market share
  2. Company’s reputation
  3. Product liability
  4. International implication

Quality Management

  • Aspect of QM (the aspect of overall function) :
  1. Quality assurance : all those planned and systematic action necessary
  2. Quality control : the maintenance of quality at level or tolerances acceptable.
  • Quality control
  1. Statistical process control : membandingkan output proses dengan standart
  2. Acceptance sampling : pemeriksaan untuk menerima atau menolak produk dengan penentuan jumlah sample dan kriteria tertentu.
  • PDCA cycle :
  1. Plan : identify the improvement and make plan
  2. Do : test the plan
  3. Check : is the plan working?
  4. Act : implement the plan.

29 Februari 2012

  • Total quality management : suatu cara meningkatkan kinerja secara terus menerus (continuous performance improvement).
  • Prinsip TQM :
  1. Fokus pada pelanggan
  2. Mengerjakan secara benar (efisien) sesuai SOP, sehingga dapat menghindari rework
  3. Komunikasi dan latihan
  4. Mengukur hasil yang dicapai dengan pencatatan hasil yangdicapai
  5. Dikerjakan bersama, yaitu top menagement harus berperan serta dalam pemberdayaan karyawan.
  • Elemen TQM :
  1. Philosophical element
  2. Generic tool
  3. Tools of the QC department.
  • Dimensi perencanaan mutu :
  1. Performance
  2. Features
  3. Reliability
  4. Durability
  5. Serviceability
  6. Response
  7. Esthetics
  8. Reputation.
  • Benefit of TQM :
  1. Kepuasan terjamin
  2. Perubahan kualitas
  3. Produktivitas meningkat
  4. Biaya produksi menurun
  5. Produk cacat berkurang
  6. Permasalahan diselesaikan dengan cepat
  7. Lebih terlatih dan berkemampuan tinggi
  8. Lebih dihargai dan diakui
  9. Lebih termotivasi.

Sistem Manajemen Kualitas

  • ISO (International Stamdar untuk Standardisasi).
  • ISO 9001:2008 adalah standar internasional untuk sistem manajemen kualitas.
  • Model Proses ISO 9001:20008 :
  1. Sistem manajemen kualitas (4)
  2. Tanggung jawab manajemen (5)
  3. Manajemen sumber daya (6)
  4. Realisasi produk (7)
  5. Analisis, pengukuran, dan peningkatan (8).
  • Guideline for quality management :
  1. Identifikasi proses yang dibutuhkan
  2. Menentukan urutan dan interaksi proses
  3. Menentukan kriteria dan metode yang dibutuhkan
  4. Menjamin ketersediaan sumber daya dan informasi
  5. Mengukur, memantau, dan menganalisis proses
  6. Menerapkan tindakan yang diperlukan.

14 Maret 2012

  • Definisi HACCP : suatu sistem yang memiliki landasan ilmiah dan yang secara sistematis mengidentifikasi potensi bahaya tertentu serta cara pengendaliannya untuk menjamin keamanan pangan.
  • Prinsip HACCP :
  1. Identifikasi bahaya
  2. Penetapan CCP
  3. Penentapan batas/limit kritis
  4. Pemantauan CCP
  5. Tindakan koreksi terhadap penyimpangan
  6. Verifikasi
  7. Dokumentasi.
  • Good manufacturing practice :
  1. Pedoman dan cara kerja yang hygienis
  2. Menjamin keamanan pangan
  3. Produk makanan yang sehat dan bermanfaat.

15 Maret 2012

  • GMPs are minimum sanitary and pressing reuirements necessary to ensure the production of whole food.
  • Prescribed requirements for :
  1. personel
  2. building and facilities
  3. equipment and utensils
  4. production and process control.
  • Standard Operating Procedures (SOPs) are established or prescribed method to be followed routinely for the performance of designated operations or in designated situatons.
  • Sanitation SOPs are prescribed methods specifically for cleaning and sanitizing.

21 Maret 2012

  • Quality Function Development (QFD) adalah metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk.

22 Maret 2012

  • House of quality adalah matriks perencanaan produk yang menggambarkan kebutuhan pelanggan dan target perusahaan.
  • Tujuan HoQ :
  1. Mengidentifikasi atau mengevaluasi kebutuhan atau keinginan konsumen
  2. Mengidentifikasi hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis
  3. Mengevaluasi kebutuhan teknis
  4. Menetapkan target untuk kebutuhan teknis.
  • Bagian HoQ :
  1. Bagian horizontal matriks
  2. Bagian vertikal matriks
  • Proses pengembangan HoQ :
  1. Mengidentifikasi harapan konsumen
  2. Menghitung tingkat kepentingan konsumen
  3. Membuat analisa tingkat kinerja produk
  4. Analisa tingkat kepuasan produk pesaing
  5. Membuat rasio perbaikan (point 4/ point 3)
  6. Menentukan titik penjualan
  7. Skala kepentingan konsumen = tingkat kepentingan konsumen x rasio perbaikan x titik penjualan
  8. Normalisasi = skala kepentingan konsumen dibagi total skala kepentingan konsumen
  9. Menentukan hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis. Skala yang dipakai adalah kuat (9), sedang (3), dan lemah (1)
  10. Penentuan target dari masing-masing kebutuhan teknis
  11. Menentukan analisa tingkat kesulitan penerapan kebutuhan teknis. Skala yang dipakai adalah sangat tidak sulit (0), tidak sulit (1), sulit (2), dan sangat sulit (3)
  12. Skala kebutuhan teknis = normalisasi bobot mentah x hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis
  13. Menentukan hubungan antara kebutuhan teknis.

Rangkuman UAP


Pasteurisasi

  • Pasteurisasi merupakan proses pemanasan yang diaplikasikan pada bahan pangan dengan suhu dibawah suhu sterilisasi.
  • Pasteurisasi ditujukan untuk membunuh mikroorganisme yang relatif tidak resisten terhadap panas, umumnya mikroorganisme dalam bentuk vegetatif bukan pada bentuk spora.
  • Bakteri yang dibunuh adalah¬†Mycobacterium tuberculosis.
  • Fo = waktu dalam menit pada suhu tertentu yang akan memberikan efek sama seperti suhu 150 derajat Fahrenheit (65,6 derajat Celcius).
  • z = rentang kenaikan suhu yang akan meningkatkan laju kematian mikroba.
  • D = decimal reduction time = waktu dalam menit yang akan menurunkan jumlah mikroba awal menjadi 1/10 nya.
  • Fo = t . 10^((T-65,6)/z)
  • t = waktu dalam menit.
  • T = suhu yang dipakai saat (t) dalam celcius.
  • z = 5,63

Pengecilan Ukuran

  • Pengecilan ukuran dapat dibagi menjadi dua :
  1. padatan = grinding dan cutting
  2. cairan = emulsification dan atomization.
  • Faktor yang menentukan ukuran partikelnya adalah energi yang dimiliki alat pengecil ukuran dan kadar air bahan.
  • Persamaan untuk menghitung energi yang diperlukan dalam pengecilan ukuran :
  1. Hukum Kick = lebih tepat digunakan pada penggilingan kasar
  2. Hukum Rittinger = lebih tepat digunakan pada penggilingan halus
  3. Hukum Bond = lebih tepat digunakan pada penggilingan antara kasar dan halus.
  • P = daya alat yang digunakan.
  • D1 = diameter awal bahan.
  • FM = modulus kehalusan.
  • D2 = diameter rata-rata hasil gilingan.
  • Persen berat bahan tertinggal ¬†= (berat yang tertinggal (g)/total berat (g)).100%
  • FM = jumlah hasil perkalian / 100
  • D2 = 0,0041 (2)^FM
  • Konstanta Rittinger (KR) = P/((1/D2)-(1/D1))
  • P = KR.T((1/D2)-(1/D1))
  • T = kecepatan umpan (ton/menit)
  • F pengali tergantung jumlah mesh, semakin banyak, semakin sedikit F pengalinya.

Pengeringan

  • Pengeringan zat padat adalah pemisahan sejumlah kecil air atau zat cair dari bahan sehingga mengurangi kandungan sisa zat cair di dalam zat padat itu sampai suatu nilai rendah yang dapat diterima.
  • Zat padat yang biasanya dikeringkan berbentuk serpih, bijian, kristal, serbuk, lempeng, atau lembaran sinambung.
  • Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Perkiraan ukuran pengering yang diperlukan
  2. Variasi kondisi operasi (suhu dan kelembaban)
  3. Waktu pengeringan.
  • Xt = air yang hilang per berat sampel.
  • Xt =(Wb – Wk)/ Wb
  • Wb = berat sampel.
  • Wk = berat padatan.
  • X = Xt – X*
  • X = kandungan air bebas
  • X* = kandungan air pada kondisi kesetimbangan (0,12)
  • R = (Wk/A)/(delta(X)/delta(t))
  • R = laju pengeringan
  • A = luasan permukaan sampel

Neraca Massa

  • Neraca massa adalah kajian jumlah material yang masuk, keluar, dan terakumulasi dari tiap-tiap sistem.
  • Neraca massa dapat menentukan perhitungan perolehan produk yang akan dihasilkan dan juga prosentase bahan baku yang diproses hingga berubah menjadi produk.
  • Neraca massa juga dapat menentukan perhitungan laba per satuan jual.
  • Perhitungan neraca massa dapat digunakan sebagai dasar dalam menetapkan kapasitas produksi.
  • Langkah menyelesaikan masalah kesetimbangan massa :
  1. Sketsa diagran sederhana dari proses
  2. Tulis semua persamaan reaksi kimia yang terjadi (jika ada)
  3. Pilih basis/dasar perhitungan
  4. Hitung kesetimbangan massa.

catatan biologiku waktu SMA


  • Menurut Oparin, makhluk hidup pertama yang terbentuk di cekungan pantai memanfaatkan zat organik yang tersedia sehingga diperkirakan bersifat heterotrof.
  • Perbedaan pokok mengenai asal usul kehidupan menurut evolusi kimia dan evolusi biologi adalah dalam hal tempat terbentuknya zat organik yang pertama di muka bumi :
  1. Evolusi kimia ada di atmosfer
  2. Evolusi biologi ada di cekungan pantai.
  • Jantung Pisces terdiri dari dua ruangan (atrium dan ventrikel).
  • Paham abiogenesis Aristoteles ditentang oleh Redi, Spallanzani, dan Louis Pasteur. Louis Pasteur berhasil menumbangkan paham abiogenesis Aristoteles, sehingga Louis Pasteur disebut Bapak Biogenesis.
  • Stanley Miller menguji hipotesis Harold Urey yang menyatakan sebelum terjadinya kehidupan ada peristiwa dimana senyawa Ch4, NH3, H2, dan H2O dapat bereaksi menjadi zat organik di atmosfer. Ternyata senyawa tersebut bereaksi menjadi asam amino. Asam amino merupakan bahan dasar pembentuk protein yang terdapat pada makhluk hidup.
  • Bakteri dengan genus¬†Thiobacillus banyak digunakan untuk memisahkan tembaga dari berbagai campuran logam.
  • Bakteri yang hidup di dalam tanah dan mampu mengoksidasi amonia menjadi senyawa nitrit atau nitrat :
  1. Nitrosomonas
  2. Nitrobacter.
  • Tidak semua jamur Basidiomycetes mempunyai tubuh buah; terkenal di antaranya :
  1. Jamur api (Puccinia graminis)
  2. Jamur kerak (Ustilago).
  • Glukosa terbentuk pada reaksi gelap dalam stroma kloroplas.
  • Nukleus mengatur seluruh kegiatan sel.
  • Escherichia coli¬†adalah bakteri yang hidup dalam kolon.
  • Bakteri autotrof dapat memanfaatkan energi matahari untuk fotosintesis dengan bantuan :
  1. bakteriopurpurin
  2. bakterioklorofil.
  • Bakteri dapat hidup pada berbagai macam habitat. Jika keadaan lingkungan tidak sesuai, maka bakteri akan membentuk :
  1. selaput lendir
  2. endospora.
  • Mitokondria berperan dalam respirasi.
  • Sel tumbuhan yang sudah tua memiliki vakuola yang lebih besar dibandingkan dengan sel yang masih muda.
  • Sentrosom berfungsi aktif pada pembelahan sel dan hanya terdapat pada sel hewan.
  • Sel hewan tidak mempunyai dinding sel.
  • Kloroplas aktif dalam sintesis karbohidrat.
  • Badan Golgi adaalh organel yang berguna untuk proses sekresi.
  • Membran plasma tersusun dari lipoprotein.
  • Fungsi membran sel :
  1. Mengontrol pertukaran zat diantara sitoplasma dengan lingkungan luar.
  2. Sebagai penerima rangsang dari luar seperti hormon.
  3. Mengontrol zat yang diperlukan oleh sel.
  4. Mengontrol metabolisme beberapa zat yang diperlukan oleh sel.
  • Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti.
  • Oogenesis berbeda dengan spermatogenesis dalam hal jumlah gamet yang dihasilkan.
  • Pada proses oogenesis, oosit primer yang mengalami pembelahan meiosis menghasilkan 4 buah sel. Di antara keempat sel itu hanya satu yang berkembang menjadi ovum, sedang tiga sel yang lain menjadi sel folikel.
  • Meiosis pada Spermatophyta terjadi waktu mikrosporosit menghasilkan serbuk sari.
  • Hasil akhir dari proses spermatogenesis yang terjadi pada testis :
  1. Gamet dengan (n) kromosom
  2. 4 sel spermatozoa fungsional.
  • Katak bisa bernafas dengan kulit di darat maupun di air, hal ini dikarenakan kulit katak selalu lembab (memudahkan O2 berdifusi) dan banyak mengandung pembuluh darah.
  • Buaya dimasukkan ke dalam tetrapoda karena jumlah kakinya (4).
  • Kadal memiliki ekor yang tidak mengalami penulangan sehingga dapat melindungi diri dengan memutuskan ekornya (autotomi).
  • Ular termasuk reptilia yang tidak mempunyai tulang dada (sternum) dan tidak memiliki klavikula. Tetapi memiliki tulang leher dan rusuk yang jumlahnya banyak.
  • Tulang vomer katak yang terdapat di rahang atas berperan menahan atau menggigit mangsanya.
  • Dalam sistem porta hepatikus pada katak, hasil pencernaan diangkut dari usus ke hati.
  • Jantung katak terdiri atas sebuah ventrikel berbentuk kerucut dan berdinding tebal, dan dua buah atrium (dexter dan sinister) yang berdinding tipis. Sebuah sinus venosus yang merupakan kantung berbentuk segitiga dan berdinding tipis dan trunchus arteriousus yang bercabang menjadi arteri. Sinus venosus berfungsi menerima darah dari vena cava inferior dan posterior.

BEBERAPA BUAH BERMANFAAT


Mengkudu

Tanaman mengkudu merupakan tanaman berdaun hijau, hidup di daerah pantai sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Mengkudu berasal dari Asia, Australia, dan pulau-pulau di Lautan Pasifik. Meskipun di alam terdapat beberapa jenis tanaman mengkudu, Morinda citrifolia ternyata merupakan jenis obat paling efektif dilihat dari daya khasiatnya. Beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan oleh buah mengkudu adalah tekanan darah tinggi, kejang, menstruasi, arthritis, radang lambung, luka, depresi mental, senilitas, kurang nafsu makan, atherosklerosis, gangguan saluran darah, ketergantungan obat, juga meredakan rasa sakit. Secara tradisional, mengkudu diminum dalam bentuk sari buah (jus). Dari hasil penelitian yang telah terkumpul diketahui mengkudu secara umum merangsang sistem kekebalan, pengaturan fungsi sel dan regenerasi seluler dari sel yang mengalami kerusakan. Bila jus mengkudu dikonsumsi sewaktu perut kenyang, maka hanya sedikit faedahnya. Bagi orang yang sakit berat, meminum jus mengkudu sewaktu perut kosong jarang mengalami masalah, karena pasien tersebut biasanya sudah sedemikian sakit, sehingga ia ingin makan apa saja. Namun demikian, bagi orang yang sehat dan ingin minum jus mengkudu sebagai healthy tonic drink, saat minumnya ternyata merupakan faktor kritis, dianjurkan agar mengkonsumsi 100 ml jus mengkudu setengah jam sebelum sarapan. Untuk mencapai khasiat yang maksimal dianjurkan sari mengkudu hendaknya diminum tidak bersamaan dengan minum kopi/teh, tembakau, atau alkohol. Disarankan juga agar menggunakan buah yang masih hijau, karena lebih besar mengandung komponen yang berkhasiat dan lebih rendah kadar selera yang tidak sedap.

Nanas

Nanas (Ananas comosus (L) Merr) yang kerap dikonsumsi sebagai buah segar dapat tumbuh dan berbuah di dataran tinggi hingga 1000 meter dpl. Tanaman buah ini tidak menyukai air yang menggenang. Hingga kini belum banyak masyarakat yang menyadari manfaat kesehatan di balik buah nanas.Riset terkini menunjukkan nanas sarat dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stres. Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24 miligram da 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin sudah lama dikenal memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner, dan penuaan dini. Bagi penderita wasir atau ambeien dianjurkan mengkonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari.

Pisang

Pisang disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori. Dalam mengkonsumsi pisang, sebaiknya dipilih yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna. Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit. Jenis pisang klutuk dan pisang kepok mempunyai khasiat sebagai obat pendarahan usus, amandel, disentri, pertumbuhan rambut, dan juga untuk berkumur. Pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet. Kulit pisang dapat digunakan sebagai krim anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, dan menetralkan keasaman lambung. Pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibodi dalam sistem ketahanan tubuh, membantu metabolisme protein, pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan sistem syaraf pusat.

Jambu Biji

Penelitian menunjukkan jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi esensial. Jadi, dengan makan jambu biji 0,5-1 kg/hari selama empat minggu diharapkan risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 persen. Jambu biji merupakan sumber unggul vitamin C, vitamin yang berfungsi meningkatkan kesehatan gusi, gigi, dan pembuluh kapiler, serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuh luka. Dengan hanya mengkonsumsi jambu biji sebanyak 65 gram, kecukupan vitamin C rata-rata yang dianjurkan untuk setiap orang per hari sudah terpenuhi. Daun jambu biji tua ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Avokad

Dari hasil penelitian diketahui bahwa lemak yang terkandung dalam buah avokad aman dan malah menyehatkan. Hal itu karena sekitar 63 persen unsur penyusunnya adalah asam lemak tidak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal (MUFA, monounsaturated fatty acids). Diet rendah lemak sering menurunkan kolesterol HDL (high density lipoprotein) yang menyehatkan. Diet avokad yang kaya MUFA dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang merugikan kesehatan darah, tanpa menurunkan kadar HDL. Serat avokad tergolong tinggi sekitar 1,6 gram/100 g. Hal ini bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dan membuang sisa pencernaan yang beracun.

Buah Merah

Sari buah merah dengan olahan yang tepat, dapat diminum secara teratur orang sehat guna mencegah berbagai penyakit, menjaga stamina, dan menghilangkan pegal. Termasuk bagi wanita, dapat menghilangkan keputihan, sakit ketika haid, mium, dan penyakit ringan yang menghambat kehamilan.

Delima

Pada percobaan telah terbukti bahwa jus buah delima dapat diandalkan guna mencegah penumpukan lemak sepanjang dinding arteri.Artinya, jus buah delima sanggup mencegah penyakit jantung. Walau masih banyak pakar yang mengomentari hasil tersebut dengan kalimat “masih terlalu dini untuk disimpulkan”, hingga belum berani menganjurkan untuk digunakan sebagai pencegah penyakit jantung.

Pepaya

Air seduhan akar pohon pepaya dapat dijadikan obat ginjal, kandung kemih, dan melancarkan air seni. Gerusan akar ditambah kapur sirih sedikit berguna sebagai obat luka, koreng, eksim, dan gigitan binatang berbahaya seperti ular. Daun pepaya dapat dimakan langsung setelah dimasak untuk memperkuat sekresi empedu, sebagai laksans, obat mulas, obat demam menahun, obat cacing kremi. Daun atau pucuknya yang mentah dapat ditumbuk dan diberi air, perasannya kalau diminum berguna untuk meningkatkan nafsu makan, obat beri-beri, obat asma bronkial (bengek). Bunga pepaya yang direbus bersama antanan untuk memperbaiki nafsu makan dam membersihkan darah, obat sakit kuning, dan obat DM (kencing manis). Biji pepaya yang ditumbuk halus dan ditambah asam cuka bermanfaat sebagai obat dalam, demam, flu.

Minyak Kelapa

Virgin coconut oil (minyak kelapa murni), yakni minyak kelapa yang diproses tanpa pemanasan, bahan kimiawi, pewarna, ataupun pengawet, dan dapat disimpan sampai lima tahun tanpa rusak. Khasiatnya dapat memberi “energi cepat independen dari insulin”, memperbaiki metabolisme seperti obesitas, diabetes, jantung koroner,¬†stroke, hypothyroida.

Belimbing

Buah belimbing mempunyai khasiat pencegah berbagai macam penyakit, yaitu menurunkan tekanan darah, antikanker, memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membersihkan usus.

Sirsak

Sirsak berkhasiat untuk pengobatan batu empedu, antisembelit, pencegah asam urat, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, memperlancar pencernaan, pengobatan pinggang pegal dan nyeri, mencegah penyakit kandung air seni dan wasir, menurunkan hipertensi, dan mencegah osteoporosis.

KOMPONEN PANGAN YANG BERKHASIAT


Keluarga kecil yang bahagia dan sejahtera merupakan idaman semua masyarakat Indonesia masa kini. Mencapai keluarga kecil tidak lagi menjadi masalah, tetapi untuk mencapai “bahagia dan sejahtera” tidaklah semudah mengucapkan slogannya yang telah begitu populer. Pada wanita: kurang gizi, stres, olahraga yang terlalu bearat, dan kelaparan yang mengakibatkan penurunan berat badan 10-15% dari berat badan ideal dapat mengakibatkan terjadinya gangguan haid, berupa makin panjangnya siklus haid atau jarangnya mendapat haid. Gangguan haid itu terjadi karena produksi estrogen menurun sehingga lama kelamaan dapat menyebabkan infertil. Keadaan ini akan kembali normal jika berat badan dinaikkan melalui konsumsi gizi yang baik dan berimbang.

Pada wanita yang menderita obesitas, jumlah produksi hormon estrogen meningkat tetapi kemampuan jumlah protein pembawa hormon tersebut (sex hormone binding globulin) berkurang sehingga mengganggu pola haid, bahkan dapat menimbulkan pendarahan bukan haid (anovulatoir). Hal ini dapat dinormalkan kembali dengan upaya penurunan berat badan melalui diet yang tepat dan terprogram. Kelenjar pituari adalah kelenjar yang menghasilkan hormon pertumbuhan dan hormon yang mengatur fungsi kelenjar tiroid, adrenal, dan gonad. Zat gizi utama yang diperlukan untuk memelihara fungsi hormon ini adalah vitamin B kompleks, asam pantotenat, niasin, vitamin E, dan mineral seng. Kita memerlukan sejumlah zat gizi utama (protein, karbohidrat, lemak, vitamin, minera, dan air) agar dapat hidup sehat. Hal ini dapat dimengerti karena fungsi utama vitamin dan mineral di dalam tubuh adalah sebagai zat pengatur, yaitu bagian dari enzim dan hormon.

Zat Gizi

Sumber Bahan Pangan

  • Vitamin A
  • Vitamin B1
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Niasin
  • Vitamin C
  • Vitamin E
  • Seng
  • Selenium
  • Magnesium
  • Sulfur
  • Kalsium
  • Mangan
  • Yodium
  • Inositol
  • Asam pantotenat
  • Asam folat
  • Asam lemak tak jenuh
  • Asam amino mentionin
  • Sayuran hijau, buah-buahan berwarna, hati, telur, susu, mentega, minyak ikan, minyak kelapa sawit
  • Kacang-kacangan, padi-padian, biji-bijian, telur, daging
  • Padi-padian, daging, hati, sayur-sayuran
  • Daging, hati, telur, susu, ragi
  • Padi-padian, kacang-kacangan, daging
  • Sayuran hijau, buah-buahan berwarna
  • Minyak tumbuh-tumbuhan, taoge
  • Hati, ragi, seafood
  • Ragi, kuning telur, ayam, ikan, susu, hati, brokoli, seledri, mentimun, bawang-bawangan, gandum
  • Seafood, kedelai, susu, sayuran hijau, jagung, apel
  • Kol, kacang-kacangan, telur, ikan, susu, daging tidak berlemak, kerang, gandum
  • Susu, ikan, bayam, kentang
  • Hati, ragi, sawi, avokad, kacang tanah, kemiri, jahe, rumput laut
  • Seafood, garam beryodium, rumput laut
  • Beras, gandum, oats, jeruk, kacang-kacangan
  • Padi-padian, daging, hati, susu, ragi
  • Hati, ragi, gandum, beras, kedelai, jeruk, kacang lentil
  • Minyak kacang, minyak jagung, minyak bunga matahari
  • Susu, kacang-kacangan, ikan, telur, daging hewan

Mineral yang dibutuhkan tubuh secara garis beras dikelompokkan menjadi mineral makro (kalsium, klorin, magnesium, fosfor, kalium, natrium, dan belerang) dan mineral mikro (kobalt, tembaga, fluorin, besi, yodium, mangan, seng, dan selenium). Kekurangan zat besi akan menyebabkan terjadinya anemia, lesu darah, atau kurang darah. Gejala yang paling mudah diamati dari anemia gizi besi adalah cepat lelah, tidak mampu berkonsentrasi, kurang selera makan, pusing kepala, letih, lemas, sesak napas, mudah kesemutan, merasa mual, dan jantung berdebar-debar. Hemoglobin diperlukan untuk melakukan transpor oksigen ke berbagai jaringan tubuh. Di dalam jaringan-jaringan tersebut oksigen berfungsi sebagai zat pembakar unsur-unsur gizi sumber zat tenaga, yaitu karbohidrat, protein, dan lemak yang masing-masing akan menghasilkan energi sebanyak 4,4, dan 9 kilokalori per gramnya. Dengan demikian, rendahnya konsumsi zat besi akan menyebabkan rendahnya kadar hemoglobin yang merupakan kunci utama rendahnya perolehan energi di dalam tubuh.

Untuk mengatasi hal tersebut dianjurkan banyak mengkonsumsi sumber-sumber zat besi, seperti hati, daging merah, ikan, kacang-kacangan, padi-padian, buah-buahan, dan sayuran hijau. Dengan beragamnya zat besi, beragam pula susunan makanan kita sehari-hari agar kebutuhan zat besi tubuh kita terpenuhi. Beberapa komponen pangan alami, seperti asam fitat, asam oksalat, dan tanin yang banyak terdapat pada serealia, sayuran, kacang-kacangan, dan teh dapat menghambat penyerapan zat besi. Untuk meningkatkan penyerapan zat besi dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi vitamin C dan protein hewani (daging, ikan, telur, dan susu). Mengingat kopi dan teh dapat mengganggu penyerapan seng di dalam tubuh maka dianjurkan agar mengurangi kebiasaan minum kopi dan teh secara berlebihan.

Vitamin E merupakan antioksidan yang sangat kuat untuk melumpuhkan daya rusak radikal bebas. Apabila status vitamin E di dalam tubuh kita rendah, kerusakan sel cepat terjadi sehingga orang dengan mudah mengalami berbagai penyakit degeneratif. Akhir-akhir ini, beberapa komponen pangan non gizi juga telah terbukti penting bagi pemeliharaan kesehatan, misalnya serat pangan (dietary fiber) dalam hubungannya dengan obesitas, kadar kolesterol, arteriosklerosis, penyakit jantung, diabetes, kanker, dan berbagai penyakit degeneratif lainnya. Zat nongizi lain yang diakui manfaatnya untuk mencapai kesehatan dan kebugaran tubuh yang optimal adalah zat fitokimia. Fitokimia adalah suatu zat yang terdapat dalam suatu tanaman yang mempunyai peran dan pengaruh tertentu, baik bagi tanaman itu sendiri maupun bagi manusia yang memanfaatkannya. Zat fitokimia antara lain adalah senyawa fenolik, alkaloid, turunan isopren (seperti terpen, steroid, dan karotena), dan berbagai tipe senyawa kimia lainnya. Zat fitokimia tersebut tersebar pada bagian buah, daun, biji-bijian, umbi-umbian, dan dahan berbagai tanaman.

Beberapa bahan pangan tertentu mengandung kompinen bioaktif yang bersifat sebagai aphrodisiac adalah  artichoke, asparagus, bawang putih, rempah-rempah, ginseng, oyster, teratai, minyak ikan hiu, dan cokelat. Saat ini pemakaian rempah-rempah makin meluas. Selain untuk keperluan rumah tangga (sebagai bumbu), rempah-rempah juga digunakan dalam industri farmasi (obat-obatan), industri kosmetika, industri parfum, dan industri pangan. Secara alami rempah-rempah (bumbu-bumbu) mengandung berbagai macam komponen aktif yang sangat besar peranannya dalam penciptaan cita rasa, flavor, aroma, tekstur, warna dan penampakan suatu produk makanan. Rempah-rempah mengandung zat antioksidan, antibakteri, antikapang, antikhamir, antiseptik, antikanker, dan antibiotik. Rempah-rempah juga kaya akan berbagai vitamin (terutama vitamin A dan C) dan mineral (kalsium, kalium, natrium, dan fosfor). Semua kandungan tersebut membuat rempah-rempah sangat besar peranannya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Rempah-rempah juga mangandung efek medis, yaitu bersifat aphrodisiac (menimbulkan rangsangan), astringent (mengatur aliran darah melalui kontraksi pembuluh darah), diuretic (melancarkan pembuangan air seni), dan expectorant (melancarkan pembuangan dahak). Khasiat rempah-rempah umumnya bertumpu pada kandungan minyak asiri dan oleoresinnya. Minyak asiri adalah komponen dari rempah yang mudah menguap, biasa diperoleh dengan cara destilasi uap, sedangkan oleoresin adalah hasil ekstraksi oleh pelarut organik setelah minyak asirinya diambil.

Jenis Rempah

Efek Medis

Jahe Aphrodisiac, kesulitan pencernaan, obat kembung (carminative), obat gosok
Pala Aphrodisiac, astringent, obat kembung, sakit perut, disentri, mual, muntah, rematik, gejala lepra
Lada Aphrodisiac, obat keseleo, gangguan pencernaan, malaria, wasir, antinyamuk, insektisida
Bawang merah Aphrodisiac, diuretic, expectorant, antiseptik, sakit kepala, obat demam, penawar bisa ular
Bawang putih Aphrodisiac, perangsang pertumbuhan sel tubuh (daya peremajaan), antilesu darah, obat diabetes, antikanker, obat kembung, antibiotik, antiseptik
Ketumbar Aphrodisiac, diuretic, obat kembung, sakit perut, gangguan pencernaan, obat muntah

Umbi ginseng sering dijuluki sebagai the essence of the earth in the form of a man. Hal ini mudah dimengerti karena umbi ginseng selintas tampak berwujud seperti manusia. Umbi ginseng yang beredar di pasar umumnya dibedakan atas ginseng yang berasal dari Amerika, ginseng asal Asia, dan ginseng asal Siberia. Dari ketiga jenis ginseng tersebut, ginseng Asia (Panax ginseng) merupakan ginseng yang paling kuat potensinya dan paling mahal harganya. Ginseng juga mengandung komponen aktif ginsenosides, yaitu suatu senyawa yang dapat mengatur kerja pituitariadrenal untuk meningkatkan sistem kekebalan dan kemampuan tubuh menghadapi stres dan kelelahan. Itulah mengapa ginseng juga dipercaya sebagai obat untuk mengatasi depresi, kelelahan, stres, flu, demam, diare, influenza, gangguan pernapasan, inflamasi, dan kerusakan kekebalan tubuh. Seperti kopi dan teh, ginseng juga dapat meningkatkan rangsangan saraf.

Ginseng dapat dinikmati dalam bentuk umbi basah, umbi kering, tepung, kapsul, tablet, campuran teh celup, dan permen. Secara sederhana sari ginseng dapat dibuat dengan cara merebus satu ons umbi segar dengan satu cangkir air selama 15-20 menit kemudian airnya diminum. Dalam sehari dianjurkan untuk meminum dua cangkir air rebusan ginseng. Konsumsi ginseng tidak dianjurkan pada orang dengan kondisi hamil, insomnia, demam, asma, hipertensi, kesulitan dalam pembekuan darah, kelainan jantung, diabetes, dan empisema (bengkak pada paru-paru karena pembuluh darah kemasukan udara). Di Cina teratai sudah sejak lama dimanfaatkan untuk keperluan kosmetika dan obat-obatan. Dalam kitab Tayeh Shih-I-Cich yang disusun oleh Li Ta Tien (631-725 M) disebutkan bahwa seorang kaisar wanita yang bernama Wu Tse Tien selalu merawat kesehatan tubuhnya dengan tanaman teratai. Diceritakan bahwa sejak usia belia hingga lansia, kaisar tersebut selalu memanfaatkan seluruh bagian tanaman teratai (akar, tunas, daun, dan biji) secara rutin.

Teratai dapat disajikan dalam berbagi bentuk hidangan, seperti es, sup, sekoteng, dan ikan atau ayam bungkus teratai. Akar teratai yang mengandung karbohidart cukup tinggi berkhasiat untuk mengobati diabetes, mencegah sembelit, melancarkan peredaran darah, menurunkan tekanan darah, dan menambah selera makan. Tunas teratai yang terdapat dalam biji berkhasiat untuk melancarkan peredaran darah, membuat tidur lebih nyenyak, dan mencegah kanker. Daun teratai dapat meningkatkan selera makan. Sedangkan biji teratai berkhasiat untuk meningkatkan fungsi jantung, hati dan limpa, memperbaiki stamina, membuat awet muda, sert menyembuhkan diare dan disentri.

Labu kuning berkhasiat untuk pengobatan migren, sakit telinga, mencegah kanker, membunuh cacing pita, pengobatan edema, gout, dan batu ginjal. Ditinjau dari segi gizi, labu kuning mengandung vitamin A, B, C, kalsium, fosfor, besi, dan serat dalam jumlah cukup tinggi. Pepatah mengatakan one clove of garlic a day, keeps your doctor away (dengan memakan satu siung bawang putih setiap hari, Anda tidak perlu lagi pergi ke dokter). Pernyataan tersebut menunjukkan bawang putih mempunyai khasiat yang luar bisa bagi kesehatan. Menurut kepustakaan, masyarakat Balbonia telah manggunakan bawang putih sebagai penyembuh berbagai jenis penyakit sejak berabad-abad yang silam. Ketika para budak membangun piramida di zaman  Mesir Kuno setiap hari dalam menu mereka dibubuhkan bawang putih agar tubuhnya tetap sehat dan kuat. Orang Bulgaria yang umumnya dikenal sebagai penduduk berusia panjang (lebih dari 100 tahun) adalah bangsa pemakan bawang putih. Alisin beserta senyawa sulfida, seperti dialil disulfida, metil alil trisulfida, trimetil trisulfida, dan ajoene (hasil kondensasi alisin) merupakan zat yang berkhasiat dalam bawang putih.

Menurut orang Spanyol bawang putih merupakan obat kuat yang dapat digunakan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Makanan mereka sehari-hari sarat akan bawang putih.¬†Sopa de ajo¬†merupakan sup bawang putih yang sangat terkenal di Spanyol Selatan. Di daerah sekitar Jenewa, terdapat makanan yang populer dengan saus pesto (terbuat dari bawang putih dan daun bawang yang ditumbuk halus). Seni memasak Prancis mengenal¬†pain d’ail (garlic bread = roti bawang putih) yang sangat populer. Bawang putih mengandung zat aktif yang disebut¬†skordinin, suatu zat yang mampu memacu pertumbuhan. Percobaan pada tikus menunjukkan peningkatan kemampuan berenang pada tikus tiga kali lipat dibandingkan yang tanpa¬†skordinin.

Praktikum Manajemen Pemasaran “Marketing Plan”


LAPORAN PRAKTIKUM MANAJEMEN PEMASARAN

‚ÄúMARKETING PLAN‚ÄĚ

LABORATORIUM MANAJEMEN AGROINDUSTRI

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2011

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu dimulai dengan rencana pemasaran. Perusahaan besar memiliki rencana pemasaran hingga ratusan halaman, sedangkan perusahaan kecil dapat bertahan dengan hanya setengah lusin lembaran. Rencana pemasaran harus mencangkup setidaknya satu tahun. Untuk perusahaan kecil, ini adalah cara terbaik untuk memikirkan aspek pemasaran secara lengkap, karena banyak hal yang berubah dan harus diantisipasi dengan rencana pemasaran. Mengembangkan rencana pemasaran adalah aspek pemasaran yang paling berat. Hal ini sangat penting karena rencana pemasaran akan melibatkan semua aspek yang ada dalam perusahaan.

1.2 Tujuan

Tujuan dari praktikum kali ini adalah agar praktikan dapat mengaplikasikan materi yang telah diperoleh berupa marketing plan, yaitu membuat sebuat marketing plan.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Marketing Plan

A marketing plan can take many different forms. On one edge of spectrum is simple one page is of various marketing plan approach you’d like to by. On the other end is a fully detailed analysis of the market you are¬†participating¬†in, strategies you’ll employ and the tactic for executing these strategies, what type of marketing plan do you need, the answer depends on who the plan is for and its main purpose.

Sebuah rencana pemasaran dapat mengambil berbagai bentuk. Di satu ujung spektrum sederhana satu halaman daftar pemasaran, berbagai pendekatan dapat dicoba. Pada yang lain adalah analisis sepenuhnya rinci dari pasar, akan digunakan strategi dan taktik untuk melaksanakan strategi tersebut. Apa jenis pemasaran yang dibutuhkan jawabannya tergantung pada untuk apa dan tujuan utama rencana tersebut.

Marketing plan are vital to marketing success. They help to focus the mind of companies and marketing teams on the process of marketing i.e what is going to be achieved and how me intend to do it. There are many approaches to marketing plans. Marketing teacher has focused upon the key stages of the plan.

Rencana pemasaran penting bagi keberhasilan pemasaran. Mereka membantu untuk memfokuskan pikiran dan tim pemasaran perusahaan pada proses pemasaran yaitu apa yang akan dicapai dan bagaimana kita berniat untuk melakukannya. Ada banyak pendekatan untuk rencana pemasaran. Guru pemasaran telah difokuskan pada tahap kunci dari rencana.

2.2 Tahap Rencana Pemasaran

Perencanaan pemasaran melibatkan penetapan strategi pemasaran yang membantu perusahaan mancapai tujuan stratejiknya secara keseluruhan. Rencana pemasaran yang detil dibutuhkan oleh setiap bisnis, produk, dan merek. Kerangka bagian utama rencana produk dan merek secara umum adalah sebagai berikut: ringkasan eksekutif, situasi pemasaran saat ini, analisis ancaman dan peluang, tujuan dan isu, strategi pemasaran, program tindakan, dan anggaran, serta pengendalian.

2.3 Strategi Marketing Mix

Setelah memutuskan strategi pemasaran untuk bersaing secara keseluruhan, perusahaan siap mulai merencanakan rincian bauran pemasaran. Definisi bauran pemasaran sebagai seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan dan dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran. Kemungkinan yang banyak itu dapat digolongkan menjadi 4 kelompok variabel yang dikenal sebagai 4 P:

a. Product

Produk berarti kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran.

b. Promotion

Promosi berarti aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.

c. Price

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk tadi

d. Place

Distribusi mencangkup aktivitas perusahaan untuk menyediakan produk bagi konsumen sasaran.

2.4 Analisis SWOT

Analisis ini merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal dan eksternal, yaitu:

a. Strengths

Kekuatan merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Dianalisis yang merupakan faktor dan terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

b. Weakness

Kelemahan merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.

c. Opportunities

Peluang merupakan kondisi peluang yang berkembang di masa yang akan datang. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

d. Threats

Ancaman merupakan kondisi yang mengancam dari luar organisasi atau proyek, atau konsep bisnis itu sendiri. Bisa ancaman dari pesaing atau bahkan yang bukan pesaing tetapi dapat menciptakan market yang kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Arief, M. Prinsip dan Dasar Manajemen : pemasaran umum dan formasi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Cravens, et all. Strategiec Marketin, Eight Edition. New York. McGraw-Hill International Edition.

Gwee, J. The Truth About Selling Marketing, IV (06).70.

Kotler, et all. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.

Kotler, P. Marketing Management (11 ed). New Jersey. Prentice-Hall Inc.