LAPORAN PRAKTIKUM MANAJEMEN PEMASARAN

“MARKETING PLAN”

LABORATORIUM MANAJEMEN AGROINDUSTRI

JURUSAN TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN

FAKULTAS TEKNOLOGI PERTANIAN

UNIVERSITAS BRAWIJAYA

MALANG

2011

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

Perusahaan yang sukses dalam pemasaran selalu dimulai dengan rencana pemasaran. Perusahaan besar memiliki rencana pemasaran hingga ratusan halaman, sedangkan perusahaan kecil dapat bertahan dengan hanya setengah lusin lembaran. Rencana pemasaran harus mencangkup setidaknya satu tahun. Untuk perusahaan kecil, ini adalah cara terbaik untuk memikirkan aspek pemasaran secara lengkap, karena banyak hal yang berubah dan harus diantisipasi dengan rencana pemasaran. Mengembangkan rencana pemasaran adalah aspek pemasaran yang paling berat. Hal ini sangat penting karena rencana pemasaran akan melibatkan semua aspek yang ada dalam perusahaan.

1.2 Tujuan

Tujuan dari praktikum kali ini adalah agar praktikan dapat mengaplikasikan materi yang telah diperoleh berupa marketing plan, yaitu membuat sebuat marketing plan.

BAB II

TINJAUAN PUSTAKA

2.1 Marketing Plan

A marketing plan can take many different forms. On one edge of spectrum is simple one page is of various marketing plan approach you’d like to by. On the other end is a fully detailed analysis of the market you are participating in, strategies you’ll employ and the tactic for executing these strategies, what type of marketing plan do you need, the answer depends on who the plan is for and its main purpose.

Sebuah rencana pemasaran dapat mengambil berbagai bentuk. Di satu ujung spektrum sederhana satu halaman daftar pemasaran, berbagai pendekatan dapat dicoba. Pada yang lain adalah analisis sepenuhnya rinci dari pasar, akan digunakan strategi dan taktik untuk melaksanakan strategi tersebut. Apa jenis pemasaran yang dibutuhkan jawabannya tergantung pada untuk apa dan tujuan utama rencana tersebut.

Marketing plan are vital to marketing success. They help to focus the mind of companies and marketing teams on the process of marketing i.e what is going to be achieved and how me intend to do it. There are many approaches to marketing plans. Marketing teacher has focused upon the key stages of the plan.

Rencana pemasaran penting bagi keberhasilan pemasaran. Mereka membantu untuk memfokuskan pikiran dan tim pemasaran perusahaan pada proses pemasaran yaitu apa yang akan dicapai dan bagaimana kita berniat untuk melakukannya. Ada banyak pendekatan untuk rencana pemasaran. Guru pemasaran telah difokuskan pada tahap kunci dari rencana.

2.2 Tahap Rencana Pemasaran

Perencanaan pemasaran melibatkan penetapan strategi pemasaran yang membantu perusahaan mancapai tujuan stratejiknya secara keseluruhan. Rencana pemasaran yang detil dibutuhkan oleh setiap bisnis, produk, dan merek. Kerangka bagian utama rencana produk dan merek secara umum adalah sebagai berikut: ringkasan eksekutif, situasi pemasaran saat ini, analisis ancaman dan peluang, tujuan dan isu, strategi pemasaran, program tindakan, dan anggaran, serta pengendalian.

2.3 Strategi Marketing Mix

Setelah memutuskan strategi pemasaran untuk bersaing secara keseluruhan, perusahaan siap mulai merencanakan rincian bauran pemasaran. Definisi bauran pemasaran sebagai seperangkat alat pemasaran taktis yang dapat dikendalikan dan dipadukan oleh perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang diinginkan dalam pasar sasaran. Kemungkinan yang banyak itu dapat digolongkan menjadi 4 kelompok variabel yang dikenal sebagai 4 P:

a. Product

Produk berarti kombinasi barang dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan kepada pasar sasaran.

b. Promotion

Promosi berarti aktivitas yang mengkomunikasikan keunggulan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya.

c. Price

Harga adalah jumlah uang yang harus dibayar oleh pelanggan untuk memperoleh produk tadi

d. Place

Distribusi mencangkup aktivitas perusahaan untuk menyediakan produk bagi konsumen sasaran.

2.4 Analisis SWOT

Analisis ini merupakan salah satu metode untuk menggambarkan kondisi dan mengevaluasi suatu masalah, proyek atau konsep bisnis yang berdasarkan faktor internal dan eksternal, yaitu:

a. Strengths

Kekuatan merupakan kondisi kekuatan yang terdapat dalam organisasi, proyek, atau konsep bisnis yang ada. Dianalisis yang merupakan faktor dan terdapat dalam tubuh organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

b. Weakness

Kelemahan merupakan kondisi kelemahan yang terdapat dalam organisasi, proyek atau konsep bisnis yang ada.

c. Opportunities

Peluang merupakan kondisi peluang yang berkembang di masa yang akan datang. Kondisi yang terjadi merupakan peluang dari luar organisasi, proyek atau konsep bisnis itu sendiri.

d. Threats

Ancaman merupakan kondisi yang mengancam dari luar organisasi atau proyek, atau konsep bisnis itu sendiri. Bisa ancaman dari pesaing atau bahkan yang bukan pesaing tetapi dapat menciptakan market yang kuat.

DAFTAR PUSTAKA

Arief, M. Prinsip dan Dasar Manajemen : pemasaran umum dan formasi. Yogyakarta. Gajah Mada University Press.

Cravens, et all. Strategiec Marketin, Eight Edition. New York. McGraw-Hill International Edition.

Gwee, J. The Truth About Selling Marketing, IV (06).70.

Kotler, et all. Dasar-dasar Pemasaran Jilid 1. Jakarta. PT Indeks.

Kotler, P. Marketing Management (11 ed). New Jersey. Prentice-Hall Inc.