Mengkudu

Tanaman mengkudu merupakan tanaman berdaun hijau, hidup di daerah pantai sampai ketinggian 400 m di atas permukaan laut. Mengkudu berasal dari Asia, Australia, dan pulau-pulau di Lautan Pasifik. Meskipun di alam terdapat beberapa jenis tanaman mengkudu, Morinda citrifolia ternyata merupakan jenis obat paling efektif dilihat dari daya khasiatnya. Beberapa penyakit yang dipercaya dapat disembuhkan oleh buah mengkudu adalah tekanan darah tinggi, kejang, menstruasi, arthritis, radang lambung, luka, depresi mental, senilitas, kurang nafsu makan, atherosklerosis, gangguan saluran darah, ketergantungan obat, juga meredakan rasa sakit. Secara tradisional, mengkudu diminum dalam bentuk sari buah (jus). Dari hasil penelitian yang telah terkumpul diketahui mengkudu secara umum merangsang sistem kekebalan, pengaturan fungsi sel dan regenerasi seluler dari sel yang mengalami kerusakan. Bila jus mengkudu dikonsumsi sewaktu perut kenyang, maka hanya sedikit faedahnya. Bagi orang yang sakit berat, meminum jus mengkudu sewaktu perut kosong jarang mengalami masalah, karena pasien tersebut biasanya sudah sedemikian sakit, sehingga ia ingin makan apa saja. Namun demikian, bagi orang yang sehat dan ingin minum jus mengkudu sebagai healthy tonic drink, saat minumnya ternyata merupakan faktor kritis, dianjurkan agar mengkonsumsi 100 ml jus mengkudu setengah jam sebelum sarapan. Untuk mencapai khasiat yang maksimal dianjurkan sari mengkudu hendaknya diminum tidak bersamaan dengan minum kopi/teh, tembakau, atau alkohol. Disarankan juga agar menggunakan buah yang masih hijau, karena lebih besar mengandung komponen yang berkhasiat dan lebih rendah kadar selera yang tidak sedap.

Nanas

Nanas (Ananas comosus (L) Merr) yang kerap dikonsumsi sebagai buah segar dapat tumbuh dan berbuah di dataran tinggi hingga 1000 meter dpl. Tanaman buah ini tidak menyukai air yang menggenang. Hingga kini belum banyak masyarakat yang menyadari manfaat kesehatan di balik buah nanas.Riset terkini menunjukkan nanas sarat dengan antioksidan dan fitokimia yang berkhasiat mengatasi penuaan dini, wasir, kanker, serangan jantung, dan penghalau stres. Buah nanas mengandung vitamin C dan vitamin A (retinol) masing-masing sebesar 24 miligram da 39 miligram dalam setiap 100 gram bahan. Kedua vitamin sudah lama dikenal memiliki aktivitas sebagai antioksidan yang mampu melindungi tubuh dari berbagai serangan penyakit, termasuk kanker, jantung koroner, dan penuaan dini. Bagi penderita wasir atau ambeien dianjurkan mengkonsumsi buah nanas 4-5 kali setiap hari.

Pisang

Pisang disarankan untuk dikonsumsi para wanita hamil karena mengandung asam folat, yang mudah diserap janin melalui rahim. Namun, jangan terlalu berlebihan, sebab satu buah pisang mengandung sekitar 85-100 kalori. Dalam mengkonsumsi pisang, sebaiknya dipilih yang sudah matang, yang kulitnya hijau kekuning-kuningan dengan bercak coklat atau kuning, sebab ini akan mudah dicerna, dan gula buah diubah menjadi glukosa alami secara cepat diabsorbsi ke dalam peredaran darah, pisang yang mentah akan sulit dicerna. Daun pisang dapat digunakan untuk pengobatan kulit yang terbakar dengan cara dioles, campuran abu daun pisang ditambah minyak kelapa mempunyai pengaruh mendinginkan kulit. Jenis pisang klutuk dan pisang kepok mempunyai khasiat sebagai obat pendarahan usus, amandel, disentri, pertumbuhan rambut, dan juga untuk berkumur. Pisang mempunyai manfaat dalam penyembuhan anemia, menurunkan tekanan darah, tenaga untuk berpikir, kaya serat untuk membantu diet. Kulit pisang dapat digunakan sebagai krim anti nyamuk, membantu sistem syaraf, dapat membantu perokok untuk menghilangkan pengaruh nikotin, stres, mencegah stroke, mengontrol temperatur badan terutama bagi ibu hamil, dan menetralkan keasaman lambung. Pisang merupakan sumber vitamin C yang baik, kaya akan vitamin B6 yang penting untuk pembentukan antibodi dalam sistem ketahanan tubuh, membantu metabolisme protein, pembentukan sel darah merah dan pemeliharaan sistem syaraf pusat.

Jambu Biji

Penelitian menunjukkan jambu biji dapat menurunkan kadar kolesterol total dan trigliserida darah serta tekanan darah penderita hipertensi esensial. Jadi, dengan makan jambu biji 0,5-1 kg/hari selama empat minggu diharapkan risiko terkena penyakit jantung dapat berkurang sebesar 16 persen. Jambu biji merupakan sumber unggul vitamin C, vitamin yang berfungsi meningkatkan kesehatan gusi, gigi, dan pembuluh kapiler, serta membantu penyerapan zat besi dan penyembuh luka. Dengan hanya mengkonsumsi jambu biji sebanyak 65 gram, kecukupan vitamin C rata-rata yang dianjurkan untuk setiap orang per hari sudah terpenuhi. Daun jambu biji tua ternyata mengandung berbagai macam komponen yang berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah dengue (DBD).

Avokad

Dari hasil penelitian diketahui bahwa lemak yang terkandung dalam buah avokad aman dan malah menyehatkan. Hal itu karena sekitar 63 persen unsur penyusunnya adalah asam lemak tidak jenuh, terutama asam lemak tidak jenuh tunggal (MUFA, monounsaturated fatty acids). Diet rendah lemak sering menurunkan kolesterol HDL (high density lipoprotein) yang menyehatkan. Diet avokad yang kaya MUFA dapat menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) yang merugikan kesehatan darah, tanpa menurunkan kadar HDL. Serat avokad tergolong tinggi sekitar 1,6 gram/100 g. Hal ini bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan dan membuang sisa pencernaan yang beracun.

Buah Merah

Sari buah merah dengan olahan yang tepat, dapat diminum secara teratur orang sehat guna mencegah berbagai penyakit, menjaga stamina, dan menghilangkan pegal. Termasuk bagi wanita, dapat menghilangkan keputihan, sakit ketika haid, mium, dan penyakit ringan yang menghambat kehamilan.

Delima

Pada percobaan telah terbukti bahwa jus buah delima dapat diandalkan guna mencegah penumpukan lemak sepanjang dinding arteri.Artinya, jus buah delima sanggup mencegah penyakit jantung. Walau masih banyak pakar yang mengomentari hasil tersebut dengan kalimat “masih terlalu dini untuk disimpulkan”, hingga belum berani menganjurkan untuk digunakan sebagai pencegah penyakit jantung.

Pepaya

Air seduhan akar pohon pepaya dapat dijadikan obat ginjal, kandung kemih, dan melancarkan air seni. Gerusan akar ditambah kapur sirih sedikit berguna sebagai obat luka, koreng, eksim, dan gigitan binatang berbahaya seperti ular. Daun pepaya dapat dimakan langsung setelah dimasak untuk memperkuat sekresi empedu, sebagai laksans, obat mulas, obat demam menahun, obat cacing kremi. Daun atau pucuknya yang mentah dapat ditumbuk dan diberi air, perasannya kalau diminum berguna untuk meningkatkan nafsu makan, obat beri-beri, obat asma bronkial (bengek). Bunga pepaya yang direbus bersama antanan untuk memperbaiki nafsu makan dam membersihkan darah, obat sakit kuning, dan obat DM (kencing manis). Biji pepaya yang ditumbuk halus dan ditambah asam cuka bermanfaat sebagai obat dalam, demam, flu.

Minyak Kelapa

Virgin coconut oil (minyak kelapa murni), yakni minyak kelapa yang diproses tanpa pemanasan, bahan kimiawi, pewarna, ataupun pengawet, dan dapat disimpan sampai lima tahun tanpa rusak. Khasiatnya dapat memberi “energi cepat independen dari insulin”, memperbaiki metabolisme seperti obesitas, diabetes, jantung koroner, stroke, hypothyroida.

Belimbing

Buah belimbing mempunyai khasiat pencegah berbagai macam penyakit, yaitu menurunkan tekanan darah, antikanker, memperlancar pencernaan, menurunkan kolesterol, dan membersihkan usus.

Sirsak

Sirsak berkhasiat untuk pengobatan batu empedu, antisembelit, pencegah asam urat, meningkatkan nafsu makan, meningkatkan daya tahan tubuh, memperlambat proses penuaan, memperlancar pencernaan, pengobatan pinggang pegal dan nyeri, mencegah penyakit kandung air seni dan wasir, menurunkan hipertensi, dan mencegah osteoporosis.