22 Februari 2012

  • Kualitas adalah kesesuaian antara keinginan dengan product spesification.
  • Karakteristik kualitas :
  1. Atribut : karakter produk yang tidak bisa diukur secara obyektif
  2. Variabel : karakter produk yang dapat diukur secara pasti
  3. Defect -> non conforming unit
  4. Standard of specification
  • Aspect of quality :
  1. Quality of performance
  2. Quality of conformance
  3. Quality of design
  • Benefit of quality :
  1. Improving good and services quality
  2. Continuous improvement
  3. Productivity improvement
  4. Lower cost production
  5. Improving customer’s satisfaction
  • Quality control cyle

  • Importance of quality
  1. Cost and market share
  2. Company’s reputation
  3. Product liability
  4. International implication

Quality Management

  • Aspect of QM (the aspect of overall function) :
  1. Quality assurance : all those planned and systematic action necessary
  2. Quality control : the maintenance of quality at level or tolerances acceptable.
  • Quality control
  1. Statistical process control : membandingkan output proses dengan standart
  2. Acceptance sampling : pemeriksaan untuk menerima atau menolak produk dengan penentuan jumlah sample dan kriteria tertentu.
  • PDCA cycle :
  1. Plan : identify the improvement and make plan
  2. Do : test the plan
  3. Check : is the plan working?
  4. Act : implement the plan.

29 Februari 2012

  • Total quality management : suatu cara meningkatkan kinerja secara terus menerus (continuous performance improvement).
  • Prinsip TQM :
  1. Fokus pada pelanggan
  2. Mengerjakan secara benar (efisien) sesuai SOP, sehingga dapat menghindari rework
  3. Komunikasi dan latihan
  4. Mengukur hasil yang dicapai dengan pencatatan hasil yangdicapai
  5. Dikerjakan bersama, yaitu top menagement harus berperan serta dalam pemberdayaan karyawan.
  • Elemen TQM :
  1. Philosophical element
  2. Generic tool
  3. Tools of the QC department.
  • Dimensi perencanaan mutu :
  1. Performance
  2. Features
  3. Reliability
  4. Durability
  5. Serviceability
  6. Response
  7. Esthetics
  8. Reputation.
  • Benefit of TQM :
  1. Kepuasan terjamin
  2. Perubahan kualitas
  3. Produktivitas meningkat
  4. Biaya produksi menurun
  5. Produk cacat berkurang
  6. Permasalahan diselesaikan dengan cepat
  7. Lebih terlatih dan berkemampuan tinggi
  8. Lebih dihargai dan diakui
  9. Lebih termotivasi.

Sistem Manajemen Kualitas

  • ISO (International Stamdar untuk Standardisasi).
  • ISO 9001:2008 adalah standar internasional untuk sistem manajemen kualitas.
  • Model Proses ISO 9001:20008 :
  1. Sistem manajemen kualitas (4)
  2. Tanggung jawab manajemen (5)
  3. Manajemen sumber daya (6)
  4. Realisasi produk (7)
  5. Analisis, pengukuran, dan peningkatan (8).
  • Guideline for quality management :
  1. Identifikasi proses yang dibutuhkan
  2. Menentukan urutan dan interaksi proses
  3. Menentukan kriteria dan metode yang dibutuhkan
  4. Menjamin ketersediaan sumber daya dan informasi
  5. Mengukur, memantau, dan menganalisis proses
  6. Menerapkan tindakan yang diperlukan.

14 Maret 2012

  • Definisi HACCP : suatu sistem yang memiliki landasan ilmiah dan yang secara sistematis mengidentifikasi potensi bahaya tertentu serta cara pengendaliannya untuk menjamin keamanan pangan.
  • Prinsip HACCP :
  1. Identifikasi bahaya
  2. Penetapan CCP
  3. Penentapan batas/limit kritis
  4. Pemantauan CCP
  5. Tindakan koreksi terhadap penyimpangan
  6. Verifikasi
  7. Dokumentasi.
  • Good manufacturing practice :
  1. Pedoman dan cara kerja yang hygienis
  2. Menjamin keamanan pangan
  3. Produk makanan yang sehat dan bermanfaat.

15 Maret 2012

  • GMPs are minimum sanitary and pressing reuirements necessary to ensure the production of whole food.
  • Prescribed requirements for :
  1. personel
  2. building and facilities
  3. equipment and utensils
  4. production and process control.
  • Standard Operating Procedures (SOPs) are established or prescribed method to be followed routinely for the performance of designated operations or in designated situatons.
  • Sanitation SOPs are prescribed methods specifically for cleaning and sanitizing.

21 Maret 2012

  • Quality Function Development (QFD) adalah metodologi terstruktur yang digunakan dalam proses perencanaan dan pengembangan produk.

22 Maret 2012

  • House of quality adalah matriks perencanaan produk yang menggambarkan kebutuhan pelanggan dan target perusahaan.
  • Tujuan HoQ :
  1. Mengidentifikasi atau mengevaluasi kebutuhan atau keinginan konsumen
  2. Mengidentifikasi hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis
  3. Mengevaluasi kebutuhan teknis
  4. Menetapkan target untuk kebutuhan teknis.
  • Bagian HoQ :
  1. Bagian horizontal matriks
  2. Bagian vertikal matriks
  • Proses pengembangan HoQ :
  1. Mengidentifikasi harapan konsumen
  2. Menghitung tingkat kepentingan konsumen
  3. Membuat analisa tingkat kinerja produk
  4. Analisa tingkat kepuasan produk pesaing
  5. Membuat rasio perbaikan (point 4/ point 3)
  6. Menentukan titik penjualan
  7. Skala kepentingan konsumen = tingkat kepentingan konsumen x rasio perbaikan x titik penjualan
  8. Normalisasi = skala kepentingan konsumen dibagi total skala kepentingan konsumen
  9. Menentukan hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis. Skala yang dipakai adalah kuat (9), sedang (3), dan lemah (1)
  10. Penentuan target dari masing-masing kebutuhan teknis
  11. Menentukan analisa tingkat kesulitan penerapan kebutuhan teknis. Skala yang dipakai adalah sangat tidak sulit (0), tidak sulit (1), sulit (2), dan sangat sulit (3)
  12. Skala kebutuhan teknis = normalisasi bobot mentah x hubungan antara kebutuhan konsumen dengan kebutuhan teknis
  13. Menentukan hubungan antara kebutuhan teknis.